Sejarah pendek tentang situs blog blogspot

Blogspot merupakan salah satu situs yang dapat digunakan untuk media penulisan artikel. Nge blog dipopulerkan untuk pertama kali oleh blogger yang dibuat oleh pyra labs, dan diakusisi oleh google pada tahun 2002.
Seiring berjalannya waktu menulis artikel menjadi kebiasaan dan keseharian, namun property-property atau fitur yang terdapat di blogspot tidak berhenti begitu saja. Google mulai memperbaharui berbagai fitur seperti penghubungan komentar dengan google plus, mengubah berbagai design responsife, mengganti domain dengan domain TLD, dan yang paling dicari oleh kebanyakan orang adalah terhubungnya sub domain blogspot dengan google adsense. Hal ini menjadi perhatian dan dilirik oleh banyak orang untuk berpindah menulis ke blogspot.
Sampai saat ini bulan oktober 2018, kami menganalisa di situs alexa rank (alexa.com). Bahwa blogspot.com berada di urutan 25 global rank, sedangkan berdasarkan rank indonesia berada di urutan ke 10. Angka ranking tersebut merupakan angka yang fantastis, karena banyak situs besar yang masih urutan rank jutaan ke atas.
Di tahun 2021 ini saya berpikir bahwa blogspot akan ketinggalan jaman dan akan tergantikan oleh wordpress. Namun prediksi saya salah, Meskipun memang banyak para blogger yang berpindah ke situs web wordpress.
Tapi, Blogspot makin dimanati. Google terus memperbaharui blogspot, sehingga nyaman untuk dikenakan. Saya pikir kenapa orang lain masih memakai blogspot, Alasanya hanya satu, Biaya yang gratis.
Volume pengunjung yang besar dapat menjadi masalah bagi website host, dapat membuat website menjadi loading dan lama untuk dibuka. Tapi dengan menggunakan blogspot, Trafik puluhan ribu juga tidak menjadi masalah.
Biaya yang dikeluarkan para blogger menjadi lebih rendah. Dengan modal 500 ribu saja untuk membeli domain dan tema, sudah menjadi penulis blog profesional. dan per tahunnya pengeluaran yang diperlukan hanya untuk membayar domain dan quota saja.
Berbeda dengan wordpress, terutama yang host sendiri. Minimal pengeluaran pertahun lebih besar dibandingkan blogspot. Satu tahun bisa habis jutaan. Mungkin ini yang di lirik oleh para blogger profesional.
Jika kamu hanya fokus pada menulis, maka saya menyarankan untuk memakai blogspot. Namun jika kamu mengharpakan hal yang lebih, terutama para developer saya menyarankan agar kamu memakai wordpress.
See also  Cara Mengubah Tema atau Template blog di Blogspot